Apa itu Brand Marketing Manfaat Serta Tujuannya

Bagi mereka yang baru pertama kali bergelut di dunia digital marketing, mungkin akan bertanya-tanya tentang apa itu brand marketing? Iya kan?

Ya, memang ada banyak orang yang kebingunan seputar merk, baik itu hanya tentang logo yang digunakan, warna palet atau font yang sedang trend, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, brand marketing merupakan sebuah identitas yang ada pada produk atau jasa yang ingin dipasarkan seseorang. Dengan brand inilah orang lain dapat lebih tertarik dan mengenal sebuah produk atau jasa.

Apabila dilihat sekilas, brand marketing memiliki dua kata dasar yakni brand dan marketing. Kedua hal ini sebenarnya saling berhubungan satu sama lain.

Nah, untuk itulah sebelum mengulas tentang apa itu brand marketing, sebaiknya Anda mengetahui tentang pengertian masing-masing katanya.

Brand

Branding

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, brand merupakan sebuah identitas dari produk atau jasa. Namun tak hanya itu saja, brand muncul juga karena memiliki tujuan utama.

Tujuan seperti apa itu?

Jadi tujuan utama brand adalah untuk menjalin sebuah keakraban antara produsen dan konsumen demi mendapatkan kesuksesan di pasar. Dengan kata lain, apabila konsumen mengenal betul tentang brand tertentu, maka kemungkinan konsumen akan membeli produk atau jasa dari brand tersebut akan semakin besar.

Lantas bagaimana caranya?

Beberapa ahli digital marketing mengungkapkan salah satu cara untuk membangun sebuah brand yaitu melalui iklan. Hal ini dikarena dengan memasang iklan, maka brand tersebut akan semakin dikenal masyarakat secara luas.

Para brander atau mereka yang memiliki brand berbicara tentang bagaimana pengakuan masyarakat dan seperti apa kesadaran konsumen tentang sebuah produk atau jasa. Ini dapat menjadi tolok ukur kesehatan sebuah bisnis yang dijalankan.

Marketing

Marketing - Apa itu Brand Marketing Manfaat Serta Tujuannya

Dilihat dari katanya saja, marketing berarti pemasaran. Seperti halnya brand, marketing juga memiliki tujuan utama, yakni keberhasilan dalam hal penjualan produk atau jasa.

Setidaknya itulah sedikit pengertian singkat dari marketing yang harus Anda ketahui.

Lantas, Apa yang Dimaksud dengan Brand Marketing?

Brand Marketing?

Apabila dilihat dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa brand marketing adalah sebuah usaha penjualan yang dilakukan dengan cara pendekatan tepat kepada calon konsumen melalui brand.

Dengan kata lain, hubungan antara brand dan marketing tak dapat dipisahkan satu sama lain.

Adalah hal yang sia-sia apabila Anda hanya membangun citra baik pada konsumen tanpa diiringi dengan langkah pemasaran yang baik. Sebaliknya, pemasaran yang baik juga dipengaruhi oleh adanya tingkat keakraban masyarakat yang muncul dari sebuah brand.

Dari sini, apakah Anda sudah paham tentang apa itu brand marketing?

Berbicara mengenai tujuan yang harus dicapai dengan brand marketing, setidaknya terdapat dua tujuan utama. Apa saja itu?

Tujuan Brand Marketing

Pengertian Personal Branding dan Cara Membangunnya - Apa itu Brand Marketing Manfaat Serta Tujuannya

Pertama, produk atau jasa yang dipasarkan dapat memberikan prospek yang lebih dekat pada calon konsumen. Saat calon konsumen tersebut semakin berminat terhadap produk atau jasa, maka Anda harus dapat menariknya untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam hal ini, keahlian marketing sangat dibutuhkan.

Kedua, menuntut agar setiap upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan benar-benar memiliki sebuah keunikan tersendiri daripada produk yang ditawarkan oleh marketing lainnya.

Mengapa? Karena semakin unik dan bermanfaat sebuah produk atau jasa, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang tertarik membelinya.

Dengan begitu, maka bisnis yang dijalankan pun akan lebih mampu memikat konsumen dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya. Ini adalah sebuah proses branding yang benar-benar tak boleh dilewatkan dalam tahap marketing.

Keuntungan Memiliki Brand Marketing

Advantages

Berbicara mengenai brand marketing, tentu berbicara tentang keuntungan apa saja yang dapat diperoleh saat memperhatikan proses yang dibutuhkan tersebut.

Salah satu keuntungannya adalah sebuah bisnis memiliki identitas pasar, apa maksudnya?

Jadi apa yang dilihat oleh konsumen, baik produk ataupun jasa, akan tetap memiliki nilai dan citra baik yang konsisten bertahan baik untuk sekarang, besok, dan seterusnya.

Dengan begitu, maka kekuatan bisnis akan semakin berkembang.

Untuk melakukan hal tersebut, tentu saja seorang pebisnis juga harus tetap memuaskan konsumen melalui brand marketing yang dilakukan.

Ya, setidaknya itulah sedikit gambaran singkat tentang apa itu brand marketing, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing