Apa itu Google Analytic dan Bagaimana Cara Menerapkannya untuk Website Bisnis Anda

Sudah banyak sekali blogger yang mengulas tentang apa itu Google Analytic, namun hanya sedikit yang dapat menjelaskan secara terperinci tentang apa sih GA atau Google Analytics.

Sebenarnya penjelasan tentang Google Analytic juga dapat diperoleh dari layanan support kepunyaan Google, namun masih saja banyak yang belum paham. Terlebih penjelasan tersebut seperti hanya berupa kata-kata terjemahan sehingga untuk memahaminya pun sangat sulit.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini Kami akan mengulas secara terperinci tentang Google Analytic agar Anda semua paham.

Singkatnya seperti ini, Google Analytic atau yang biasa disebut GA adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk menampilkan statistik pengunjung dalam sebuah website. GA memiliki kemampuan menelusuri semua data pengunjung website yang berasal dari berbagai mesin pencari.

Tak hanya itu saja, GA juga dapat mengumpulkan informasi sumber iklan, jaringan PPC (Pay Per Click), email marketing, hingga tautan yang terdapat dalam file PDF.

Apabila Anda merupakan pengiklan yang menggunakan layanan Google AdWords, Anda juga dapat menggunakan Google Analytic untuk menganalisis efektifitas iklan AdWords yang terpasang di Google.

Dengan begitu, maka Anda dapat mengetahui kira-kira iklan dan kata kunci apa saja yang banyak merujuk ke situs Anda.

Nah, dari penjelasan di atas, Anda tentu sudah paham tentang apa itu Google Analytic. Iya, kan?

Setelah mengetahui definisi dan manfaat Google Analytic, hal lain yang juga tak boleh dilewatkan adalah tentang langkah integrasi GA pada website Anda.

Langkah Mendaftarkan Website di Google Analytic

Google Analytics Registration

Untuk Anda yang masih awam tentang Google Analytic, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan website Anda pada Google Analytic.

Pertama, Anda harus memiliki akun Google dan Gmail. Ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan.

Kedua, masuklah ke situs resmi milik Google Analytics untuk mendaftarkan website Anda.

Pada laman ini, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google yang Anda miliki.

Ketiga, isikan semua data yang mencakup daftar halaman, nama situs, serta data pribadi Anda dengan benar. Hal ini dibutuhkan agar Anda bisa mendapatkan tracking code Google Analytics Anda.

Keempat, pada bagian ‘what would you like to track?’, isikan website dan centang bagian ‘universal analytics’. Selanjutnya isikan url situs Anda.

Kelima, apabila semua data yang dimasukkan telah lengkap, kini tinggal klik ‘Get Tracking ID’ dan pilih ‘accept’.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan tracking code atau kode pelacakan Google Analytics. Kode inilah yang nantinya harus dimasukkan ke dalam situs Anda. Sebagai kode yang penting, jangan sekalipun memberikan kode pelacakan tersebut pada orang lain agar tak disalah gunakan.

Cara Memasang Kode Pelacakan (Tracking Code) pada Laman Website

Website Tracking

Selain mengetahui apa itu Google Analytic, tentu Anda juga harus paham bagaimana cara memasang tracking code pada laman website Anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika Anda telah mendapatkan kode pelacakan GA, maka letakkan kode tersebut pada laman website Anda. Tapi bagaimana caranya?

Tenang saja, Kami akan memberikan cara mudah mengaplikasikan kode pelacakan sehingga website Anda dapat terintegrasi dengan Google Analytics.

Pemasangan Tracking Code pada WordPress

Bagi Anda yang menggunakan wordpress, langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, copy tracking code yang telah Anda dapatkan tadi.

Kedua, masuk pada dashboard WordPress Anda

Ketiga, klik menu Appearance > Editor > Footer.

Setelah itu, paste code tadi pada bagian paling atas tag </body>

Dan selesai sudah!

Pemasangan Tracking Code di Blogger

Untuk Anda yang menggunakan platform Blogger, caranya hampir sama dengan WordPress, hanya saja menunya yang berbeda.

Pertama, copy tracking code.

Kedua, masuk ke akun Blogger Anda.

Ketiga, masuklah pada menu Template > Edit Template

Keempat, paste tracking code pada bagian paling atas tag </head>

Kelima, klik simpan perubahan dan selesai.

Dasar-Dasar dan Cara Membaca Google Analytics

Google Analytic Basics

Untuk mereka yang telah berkecimpung di dunia blog tentu sudah tak asing dengan dasar-dasar Google Analytics.

Meski demikian, Kami akan tetap mengulas tentang dasar-dasar Google Analytics bagi Anda yang masih pemula agar benar-benar paham.

Dengan begitu, selain mengetahui Apa itu Google Analytics, Anda juga akan paham tentang apa saja dasar dari GA sehingga dapat lebih menguasainya.

Mengatur Situs dengan Tracking ID

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa fungsi utama dari Google Analytics adalah agar Anda dapat memperoleh data lengkap seputar pengunjung website.

Pada bagian ini, ada hal penting yang harus diperhatikan.

Jadi apabila hasil tracking ID yang dilakukan oleh Google Analytics menunjukkan bahwa pengunjung situs Anda lebih banyak berasal dari pengguna smartphone dibandingkan browser laptop, maka sebaiknya Anda mendesain ulang website agar lebih responsif untuk smartphone.

Melakukan Analisis Data

Dasar dari GA yang juga harus dipahami adalah Anda dapat memperoleh trafik pengunjung ke laman situs Anda.

Untuk itu, bukalah dashboard Google Analytics dan klik ‘Acquistion’.

Pada halaman ini, terdapat tampilan dari berbagai link dan jumlah pengunjung pada link dari website Anda.

Kata Kunci atau Keywords

Hal lain yang menarik dari Google Analytics adalah dapat menampilkan kata kunci apa saja yang dimasukkan oleh pengunjung sehingga mereka membuka website Anda.

Dengan data ini, Anda dapat melakukan modifikasi kata kunci untuk menghasilkan konten berkualitas sehingga trafik pengunjung pun akan bertambah.

Demografis

Google Analytics juga dapat memberikan informasi mengenai demografis pengunjung website mulai dari jenis kelamin, usia, kepentingan pengguna individu, serta segmen populasi yang datang ke situs Anda.

Hal ini cukup penting terutama untuk mereka yang sedang mengelola website jual beli. Dengan mengetahui demografis, maka pengelola website dapat menentukan pada segmen pasar mana website akan dibawa.

Ya, itulah beberapa dasar dari Google Analytics serta bagaimana cara memanfaatkannya untuk optimasi website yang Anda kelola. Setelah membaca semua tulisan di atas, kini Anda sudah paham tentang apa itu Google Analytic, kan?

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing