Cara Membuat Blog dengan Mudah dan Benar

Jika Anda benar-benar tertarik mengetahui Cara membuat blog, berarti Anda datang pada situs yang tepat. Karena pada kali ini hal yang akan diulas adalah cara membuat website atau blog sendiri.

Sebenarnya ngeBlog itu mudah banget, loh! Bahkan kalau boleh jujur, Anda hanya butuh waktu 20 menit saja untuk bikin blog yang menarik.

Lantas bagaimana caranya? Tenang saja, cukup ikuti tips berikut ini.

Namun sebelum itu, asal Anda tahu bahwa tak semua orang yang main blog itu sukses dalam sekali jalan. Dalam arti butuh banyak langkah agar terbiasa dengan blog yang Anda kelola.

Daripada berlama-lama, ini dia tips yang dapat dicoba dalam membuat blog.

1. Ketahui Alasan Kenapa Anda Ingin Membuat Blog

Cara membuat blog yang pertama adalah ketahui alasan KENAPA ingin mulai ngeBlog?

Apakah hanya ingin sekedar menulis? Atau malah ingin mencari uang dari blog? Apapun itu, Anda harus tahu apa alasannya.

Sebenarnya sih, sebagian besar orang yang ingin membuat blog memiliki alasan yang berbeda-beda. Misalnya:

  1. Ingin jadi orang yang lebih baik. Apa hubungannya dengan blog? ngeBlog secara tidak langsung dapat membantu orang untuk aktif berkomunikasi dan berkreativitas.
  2. Untuk menyampaikan uneg-uneg. Tak sedikit loh blogger yang memanfaatkan blog gratis sebagai media curhat.
  3. Meningkatkan kemampuan menulis. Nah, kebanyakan orang ingin tahu cara membuat blog karena ingin meningkatkan skill menulis yang dimiliki. Dengan media blog, maka sedikit demi sedikit bakat menulis akan lebih terasah, loh!
  4. Mendapatkan uang. Kalau alasan ini, juga tak ada salahnya digunakan sih. Memangnya blog bisa menghasikan uang?

Jangan salah loh! Banyak blogger yang kaya raya gara-gara situs web atau blog mereka dikunjungi banyak orang. Ini dia salah satu alasan paling menarik buat ngeBlog.

Tapi apapun alasan Anda, ketahuilah bahwa ngeBlog itu sangat mengasyikkan.

2. Tentukan Blog Seperti Apa yang Ingin Dipelajari

Anda tentu tahu bahwa ada banyak sekali jenis blog, kan? Ada blog tentang otomotif, bisnis, dan masih banyak lagi deh lainnya.

Pokoknya tentukan tipe blog seperti apa yang ingin Anda dalami. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya “Kira-kira saya harus fokus ke tipe blog seperti apa, ya?”

Tak perlu terlalu ribet memikirkan hal ini. Cukup ketahui hobi Anda saja. Misalnya untuk Anda yang tertarik dengan teknologi, cobalah membangun blog tentang review gadget.

Atau misalnya Anda suka nonton film, cobalah menulis sinopsis film tersebut dan upload di blog. Ya, sesimple itu!

3. Platform Blog MANA yang akan Digunakan

Seperti yang kita tahu, banyak sekali platform blog yang dapat digunakan misalnya WordPress, Blogger, Drupal, TypePad, Joomla!, dan banyak lagi deh!

Tugas Anda adalah menentukan platform mana yang lebih menarik dan mudah diaplikasikan. Kalau boleh memberi saran, coba saja membuat banyak akun platform blogging dan coba satu-satu. Setelah itu, bandingkan tampilan dan penggunaannya.

Pilihlah Platform Blogging yang lebih familiar dan mudah digunakan. Inilah salah satu cara membuat blog yang harus Anda tahu.

Biasanya platform yang sering digunakan untuk pemula atau orang yang baru membuat blog adalah Blogger dan WordPress.

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Jangan terburu-buru. Jika sudah menentukan platform blogging, kini buatlah akun dengan domain yang tepat, unik, dan mencerminkan isi blog Anda.

Lantas isilah tulisan yang tepat pada blog tersebut. Pelajari juga teknik penulisan yang baik agar lebih banyak pembaca yang tertarik membuka blog Anda.

Sebagai saran, untuk Anda yang memang bersungguh-sungguh ingin jadi blogger sukses, pelajari juga SEO (Search Engine Optimization). Apa fungsinya?

Dalam dunia penulisan, SEO itu penting loh. Dengan mengaplikasikan artikel SEO, maka blog Anda dapat masuk ke peringkat halaman pertama Google. Dengan begitu, maka pengunjung blog Anda akan semakin banyak, kan?

4. Pilih Penyedia Layanan Hosting

Sampai juga pada cara terakhir dalam membuat blog.

Ya, saat blog yang Anda kelola mulai ramai pengunjung, kini saatnya mendaftarkan nama domain Anda pada penyedia layanan hosting.

Saat ini sudah banyak banget loh penyedia layanan hosting yang menawarkan jasa menarik tapi harganya murah. Jadi buat Anda yang masih pemula di dunia hosting blog, coba saja membeli layanan hosting.

Harganya mungkin mulai 100 ribu sampai 250 ribu dengan masa aktif setahun. Tergantung fasilitasnya juga. Semakin lengkap, tentu saja harganya semakin mahal.

Jika sebuah blog yang awalnya non-hosted (contohnya blablabla.wordpress.com) berubah menjadi blog hosted (misalnya blablabla.org atau blablabla.com), maka kemungkinan blog itu dilirik oleh Google akan semakin besar.

Ya, itulah sedikit ulasan tentang Cara membuat blog.

Jika ada beberapa pembahasan yang masih kurang di mengerti, Anda bisa langsung tanyakan di kolom komentar dan kita diskusikan bersama-sama.

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing