Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger memang cukup mudah dilakukan. Tapi tak sedikit loh orang yang masih bingung untuk membuatnya.

Padahal di antara platform blog yang lain seperti WordPress, Joomla, dan sebagainya, Blogger ini terbilang lebih mudah dipahami. Ya, meskipun jika dibandingkan dengan WordPress, Blogger masih kalah dalam hal efisiensi.

Tapi kami tak akan mengulas tentang efisiensi antara Blogger ataupun WordPress. Yang akan diulas di sini adalah bagaimana sih cara membuat blog dari platform Blogger/Blogspot?

Daripada penasaran, sebaiknya Anda lihat deh penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Blog via Blogger

Untuk syarat utama dalam Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger, sebenarnya Anda harus memiliki alamat email aktif. Namun jika ternyata belum memiliki email, silahkan buat email terlebih dahulu.

Untuk lebih mudahnya, buat saja email di Gmail atau Yahoo. Tapi untuk platform Blogger, lebih baik menggunakan Gmail. Kenapa?

Karena Blogger adalah salah satu produk dari Google sehingga dengan satu akun, semua aplikasi yang Anda jalankan dapat saling terhubung. Mantap, kan!

Setelah akun email sudah aktif, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masukkan Alamat Email dari Gmail

Langkah pertama, masuklah ke situs Gmail dengan akun yang telah Anda buat sebelumnya.

Setelah itu, buka situs Blogger.

Saat situs Blogger telah terbuka, biasanya akan ada 2 pilihan yakni ‘Masuk’ atau ‘Buat Blog’. Sebenarnya untuk Anda yang masih belum pernah menggunakan alamat email untuk blog, pilihan apapun bukan masalah. Cukup pilih salah satunya.

Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada halaman di mana dibutuhkan alamat email serta password dalam membuat blog baru.

Masukkan email dan password, tunggu beberapa saat.

Dan Akun Blogger selesai dibuat.

2. Memasukkan Judul dan Alamat Blog yang akan Dibuat

Adapun Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger selanjutnya adalah memasukkan judul serta alamat blog.

Sebagai informasi saja, judul blog adalah tulisan yang akan muncul di halaman pertama blog. Sedangkan alamat blog merupakan url yang digunakan untuk mengakses blog Anda.

Sebagai saran, pilih alamat blog sesuai dengan tema yang digunakan pada blog. Contohnya adalah pada blog gadget, gunakan alamat url: seputarinfogadget.blogspot.com dan lain sebagainya. Tapi itu semua kembali pada keinginan Anda.

Sebenarnya tak perlu terlalu memikirkan judul dan alamat blog seperti apa yang baik. Mengapa? Karena nanti Anda juga dapat menggantinya, kok!

3. Pilih Template yang Sesuai

Langkah selanjutnya adalah memilih template yang sesuai untuk blog gratisan yang Anda miliki. Pilihan template berada tepat di bawah opsi judul blog dan alamat blog.

Untuk memilih template, Blogger sendiri telah menyediakan beberapa pilihan yang cocok untuk blog Anda. Adapun template default yang biasanya disediakan oleh Blogger adalah template Sederhana, Tampilan Dinamis, Jendela Gambar, Tanda Air, Kelembutan, dan puluhan template lain.

Jadi cukup gunakan template yang sesuai dengan tema yang sedang Anda gunakan pada blog. Mudah, kan?

4. Klik ‘Buat Blog’

Cara selanjutnya adalah tinggal klik tombol ‘buat blog’. Dan Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger pun selesai.

Tapi tunggu dulu, selain mengetahui cara di atas, ketahuilah juga cara untuk memosting artikel pada blog.

5. Langkah Posting Artikel/Tulisan pada Blog

Sebagai blog baru, tentu Anda harus mengisi konten berupa artikel pada blog tersebut. Mengapa? Karena inilah fungsi blog, yakni berbagi tulisan baik berupa pengalaman, tips, atau apapun itu.

Cara posting artikel pun cukup mudah.

Pertama, pergilah ke halaman utama blog. Di sana akan muncul tulisan judul blog Anda, serta beberapa gambar menu di sampingnya.

Untuk post artikel, cukup klik tombol pensil/pena berwarna orange di halaman blog.

Anda akan dialihkan pada halaman yang memiliki tampilan seperti microsoft word. Di sini, Anda dapat copy dan paste tulisan Anda dari word atau langsung menulis pada halaman blog.

Apabila proses penulisan telah selesai, klik ‘simpan’.

Selanjutnya, klik menu ‘lihat blog’ atau ‘preview’ untuk melihat hasil tulisan Anda. Pertimbangkan juga tampilannya, apakah enak dilihat atau tidak. Jika belum, tinggal klik ‘edit’ untuk mengubah artikel.

Ya, itu dia beberapa Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger dengan mudah.

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing