Cari tau lebih dalam, Apa Itu Email Marketing?

Meski kehadirannya sudah lama dan terhitung jadul dalam dunia bisnis online,

namun nyatanya masih banyak orang yang mencari tahu apa itu email marketing.

Marketing model ini sudah ada hampir bersamaan dengan meningkatnya intensitas penggunaan email pada medio tahun 2000-an.

Dan saat penggunaan smartphone membuat akses email semakin mudah, murah, dan real-time, email markeing kembali menunjukkan efisiensinya dalam menjangkau konsumen tertarget.

Bahkan email marketing adalah strategi wajib yang digunakan oleh para perusahaan besar untuk terus menjaga hubungan dengan para konsumennya.

Konsumen tidak akan kehilangan jejak pembaruan sebuah produk jika terus menerus mendapatkan email marketing tersebut.

Bagi anda yang belum mengerti dengan jelas apa itu email marketing,

maka penjelasan di bawah ini mungkin bisa membantu anda.

Pengertian Email Marketing

Dari namanya,

mungkin anda sendiri sudah bisa menerka apa itu email marketing.

Benar sekali, email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai medianya.

Email atau surat elektronik yang digunakan untuk marketing adalah email berisi pesan komersial.

Email ini nantinya akan dikirimkan kepada para konsumen potensial yang sudah mendaftarkan emailnya baik melalui website atau platform lain yang disediakan oleh perusahaan sebelumnya.

Sedangkan isi dari email tersebut tentu saja tidak jauh-jauh dari aspek marketing seperti iklan, proposal bisnis, dan aspek lain yang berfungsi membangun hubungan dengan konsumen.

Yang paling penting dari penerapan email marketing adalah dengan memperhatikan daftar email yang akan mendapatkan iklan dari perusahaan.

Manajemen email perlu dilakukan sesuai dengan minat dan ketertarikan para calon konsumen untuk menghindari salah sasaran marketing.

Maka perusahaan-perusahaan besar sering kali menggunakan analisis algoritma untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan ketertarikannya untuk kemudian menyusun email yang tepat bagi perusahaan.

Mengirimkan email yang tidak relevan kepada calon konsumen berisiko mengganggu kenyamanan mereka dan akhirnya konsumen berhenti berlangganan.

Nah, jika melihat pengertian tentang apa itu email marketingtersebut, maka mungkin anda bertanya-tanya, lalu apa bedanya email marketing dengan email spam yang biasanya masuk ke folder spam?

Perbedaan Email Marketing dan Spam

Meski hampir sama, namun ada perbedaan mendasar antara email marketing dan spam. Perbedaan tersebut berada pada algoritma yang digunakan oleh layanan email marketing tersebut. Sebagai informasi, untuk menjalankan email marketing, biasanya perusahaan akan mempercayakannya kepada pihak ketiga penyedia layanan email marketing. Nah, aplikasi ini lah yang nantinya akan mengatur pengiriman email supaya tidak di baca spam oleh email konsumen.

Perbedaan mendasar yang lain adalah bahwa email yang masuk dalam daftar email marketing merupakan email dari konsumen yang sukarela. Maksudnya, konsumen memang benar-benar ingin berlangganan seputar berita atau promosi yang diadakan oleh sebuah perusahaan. Alur inilah yang nantinya juga dibaca oleh aplikasi supaya potensi email sampai ke kotak masuk konsumen menjadi lebih besar. Meskipun daftar email atau email list mencapai berjuta-juta alamat sekalipun.

Dengan mengetahui perbedaan tersebut, tentunya anda juga harus mengisi email dengan konten yang sesuai dengan ketertarikan pelanggan. Jangan sampai anda membuat konsumen terganggu karena kenyamanan konsumen adalah kunci membangun kepercayaan dengan mereka demi kemajuan bisnis anda.

Itulah informasi mengenai apa itu email marketingyang bisa anda ketahui. Memang strategi marketing apapun bisa menjadi berguna jika anda konsisten dalam menjalankannya dengan usaha maksimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing