Bagi sebagian anda yang sudah biasa bergelut dengan bisnis online ataupun aktivitas bolgging, mungkin sudah akrab dengan istilah yang satu ini.

Email list adalah daftar email dari para pembaca atau pembeli yang sudah masuk ke dalam website atau situs jual beli anda.

Email-email tersebut didaftarkan supaya para pembaca atau pelanggan selalu mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan yang ada di toko online atau website tersebut.

Dengan begitu, para pelanggan tersebut selalu berada dalam jangkauan anda.

Sayangnya, beberapa orang tidak sadar betapa pentingnya membangun email list tersebut. Mungkin karena fokus atau perhatian masih kurang saat awal-awal membangun bisnis, atau juga karena faktor-faktor lainnya.

Supaya lebih mengerti, di bawah ini adalah alasan kenapa email list penting.

Kontrol Penuh

Mungkin saat ini, melakukan kampanye atau iklan melalui media sosial adalah cara yang paling banyak di lakukan.

Namun pernahkah anda menyadari jika sewaktu-waktu, Facebook atau Instagram bisa saja mengubah kebijakan algoritmanya.

Kebijakan tersebut tentu akan berimbas pada daya jangkau produk anda kepada pelanggan-pelanggan yang setia menunggu pembaruan.

Untuk mendapatkan jangkauan yang sama, Facebook atau Instagram saat ini malah menerapkan biaya tambahan yang tentu akan memberatkan anda. Anda tidak sepenuhnya memiliki akses ke setiap pelanggan setia anda di luar sana.

Nah, hal tersebut berbeda ketika anda menggunakan email list. Meski tidak menggunakan media sosial, informasi terkini mengenai produk atau website anda akan terkirim dengan mudah.

Dengan begitu, pelanggan anda tidak kehilangan jejak dan tetap berfokus pada produk yang anda tawarkan.

Lebih Murah

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, media sosial seperti Instagram dan Facebook mungkin mematok harga yang cukup tinggi supaya informasi anda bisa sampai kepada para pelanggan.

Berbeda halnya dengan email. Anda bisa menggunakan email secara gratis dan efisiensi jangkauan pelanggan tetap anda dapatkan.

Bahkan menurut beberapa pihak, email bisa menjangkau pelanggan lebih banyak dari[ada yang di lakukan Facebook.

Pelanggan dengan Email lebih Berharga

Alasan kedua soal kenapa email list pentingadalah, bahwa setiap pelanggan yang memasukkan email, berarti pelanggan tersebut adalah orang yang benar-benar serius terhadap produk anda.

Tipe pelanggan seperti ini sangat susah untuk di dapatkan. Umumnya, pelanggan hanya cukup mengikuti akun-akun media sosial anda saja namun tidak pernah cukup serius untuk mengikuti setiap pembaruan produk anda.

Dari sini, anda bisa merasakan perbedaannya. Anda juga bisa mencoba melakukan interaksi dengan mengirimkan fitur-fitur terbaru atau promosi khusus bagi pelanggan-pelanggan berharga tersebut.

Sarana Menyentuh Pelanggan Terbaik

Dengan semua kelebihan yang dimiliki, email saat ini bisa dikatakan sebagai media komunikasi antara anda dengan para pelanggan.

Beberapa orang tidak begitu suka dengan media sosial yang mungkin sangat banyak digunakan. Namun anda juga perlu tahu bahwa email masih memiliki tempatnya tersendiri.

Selain itu, anda juga memberikan informasi lengkap mengenai pembaruan yang ada lewat email daripada harus menuliskannya panjang lebar di media sosial anda.

Email membuat hubungan anda dengan pelanggan menjadi lebih privat dan lebih baik.

Email telah menjadi bagian dari lifestyle kita sekarang, setidaknya kita selalu check email 1-2 kali dalam sehari.

Artinya Anda dapat menjangkau calon pelanggan Anda setiap hari, dimanapun mereka berada.

Anda juga dapat langsung mengirimkan promo atau penawaran langsung ke inbox calon pelanggan Anda berkali-kali, karena pelanggan Anda telah memberikan izin untuk menghubungi ke Email.

“Menurut data Direct Marketing Association, ROI dari email marketing berada di angka 4,300%.”

Itulah beberapa alasan kenapa email list penting. Anda bisa membangun email list anda sejak dini, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Karena Saya sendiri sering melihat dimana bisnis yang tidak memfokuskan untuk membangun Email List sekarang kesulitan untuk menjangkau calon pelanggannya, akhirnya mereka banyak menghamburkan biaya untuk iklan, dan iklan.

So, bangun email list dari sekarang. Untuk Anda yang mau tahu lebih banyak tentang email list atau email marketing,

Baca disini : Apa itu Email Marketing dan Bagaimana Cara Menjalankannya

Ingat, email-email tersebut adalah aset yang akan berguna bagi kemajuan bisnis anda ke depannya. Semoga bermanfaat.