Apa Perbedaan SEM dengan FB Ads dan Mana yang Lebih Efektif?

Untuk Anda yang ingin mengiklankan website atau blog bisnis online, tentu saja harus mengetahui apa perbedaan SEM dengan FB Ads.

Hal ini karena apabila dilihat dari efisiensi, kedua jenis layanan periklanan ini memang memiliki popularitas yang baik.

Tak heran apabila seorang pemula di dunia bisnis akan kebingungan apakah akan memilih layanan periklanan dengan SEM (Search Engine Marketing) atau dengan Facebook Ads.

Dari pada penasaran, kami akan mengulasnya kedua jenis layanan periklanan tersebut satu persatu.

Dengan begitu, maka Anda akan semakin paham serta dapat menentukan akan memilih salah satu layanan periklanan tersebut atau bahkan menggunakan keduanya sekaligus.

Tentang Search Engine Marketing dan Cara Kerjanya

Search Engine Marketing dan Cara Kerjanya

Dalam ulasan tentang apa perbedaan SEM dengan FB ads akan diawali dengan mengulas apa itu SEM serta bagaimana cara kerjanya.

Pada awalnya, para pengelola website hanya mengetahui bahwa satu-satunya cara untuk optimasi website pada mesin pencari adalah dengan teknik SEO (Search Engine Optimization).

Namun dengan ketatnya persaingan SEO pada mesin pencari, kemudian muncul sebuah cara yang sangat jitu untuk mempromosikan website, yakni dengan SEM.

Seperti namanya, SEM atau Search Engine Marketing merupakan teknik yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa melalui mesin pencari.

Apabila dibandingkan dengan teknik SEO, tentu saja SEM dapat dengan cepat mendatangkan trafik pengunjung dan nantinya akan membuat popularitas website menjadi lebih baik di mata mesin pencari.

Sistem Kerja SEM

Ya, meskipun SEM merupakan cara tercepat untuk meningkatkan popularitas website, namun pengguna jasa periklanan harus mengeluarkan biaya yang tentunya tak sedikit.

Adapun iklan itu nantinya dapat muncul pada hasil teratas mesin pencari.

Misalnya ketika seseorang memasukkan keyword ‘casing smartphone’, maka pada hasil teratas akan muncul iklan website yang menjual produk serupa.

Untuk sistem kerja SEM, terdapat dua jenis sistem kerja yang diterapkan yakni PPC dan PPI.

PPC atau Pay Per Click merupakan sistem dimana pemesan jasa periklanan membayar sesuai dengan jumlah klik iklan tersebut oleh pengunjung.

Pada umumnya, setiap hari ditentukan berapa pengeluaran saldonya.

Sedangkan PPI atau Pay Per Impression merupakan sistem dimana Anda harus membayar sesuai dengan berapa kali iklan pesanan ditayangkan atau dilihat oleh pengunjung.

Dengan kata lain, tanpa adanya klik pun Anda tetap harus membayar. Untuk sistem PPI sendiri biasanya hanya dipasang pada website atau blog yang telah memiliki ribuan pengunjung tiap harinya.

Kentungan Menggunakan SEM

Selain keuntungan berupa meningkatkan popularitas website dengan cepat, Anda sebagai pembeli jasa periklanan pun dapat menentukan target pengunjung yang dapat melihat iklan tersebut.

Inilah yang membuat banyak website bisnis online memilih SEM.

Tak hanya itu saja, kini semua mesin pencari juga telah menyediakan layanan SEM mulai seperti Bing Ads, Google Ads, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begitu, Anda dapat memilih mesin pencari mana yang lebih banyak mendatangkan pengunjung ke website Anda.

Mengenal tentang Facebook Ads

Mengenal tentang Facebook Ads

Nah, setelah mengetahui sekilas tentang SEM, kini saatnya kami mengulas tentang Facebook Ads.

Hal ini bertujuan agar nantinya Anda dapat menemukan apa perbedaan SEM dengan FB Ads.

Seperti namanya, FB Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh media sosial Facebook.

Sebagai salah satu media sosial yang memiliki jutaan pengguna, tentu saja beriklan di Facebook dapat menjadi alternatif tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan sebuah produk atau saja.

Sistem Kerja FB Ads

Apabila pada SEM sistem pembayaran yang diterapkan adalah PPC dan PPI/CPM, maka FB Ads berbeda.

Pada layanan periklanan yang satu ini pengguna layanan dapat menentukan berapa anggaran yang dimiliki untuk menayangkan sebuah iklan.

Anda dapat memilih anggaran harian atau bahkan anggaran total Anda untuk penayangan iklan.

Selain itu, pengguna juga dapat menentukan berapa lama iklan tersebut akan ditampilkan pada beranda Facebook.

Apabila dilihat dari sistem kerjanya, FB Ads terbilang lebih simple apabila dibandingkan dengan SEM.

Tak hanya itu saja, apabila pada umumnya SEM hanya menayangkan iklan dalam format gambar atau teks, maka FB Ads berbeda.

Pengguna layanan periklanan ini dapat memilih beberapa format penayangan iklan mulai dari gambar/foto, video, canvas, hingga tayangan slide yang berisi banyak gambar.

Keuntungan Menggunakan FB Ads

Ya, seperti halnya SEM, FB Ads pun dapat digunakan untuk menetapkan pemirsa atau pasar yang dapat melihat iklan tersebut.

Pada FB Ads, Anda dapat membidik pasar tertentu atau pengguna Facebook dengan range tertentu sehingga hasilnya tentu akan lebih efisien.

Setidaknya itulah sedikit ulasan yang menjelaskan tentang apa perbedaan SEM dengan FB Ads, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Panduan: Full-stack

Digital Marketing