Search Engine Featured

Mengenal: Struktur dan 16 Fitur di Hasil Pencarian Google (SERP)

Mengenal lebih dalam Struktur Hasil Pencarian Google (SERP)

Mau belajar SEO? mari kita ke hal paling mendasar dulu dengan mengenal apa itu google, lebih spesifiknya memahami struktur hasil pencarian google atau yang biasa di sebut SERP (Search Engine Result Page)

· · · · ·

Google yang merupakah Search Engine terpopuler yang di gunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia selalu melakukan update setiap waktu, entah itu dari sisi algorita (backend) maupun UI/UX (frontend), ini bertujuan untuk menghasilkan pengalaman pencarian lebih baik baik untuk pengguna.

Beberapa perubahan kadang membuat kita sedikit kebingungan, sebagai Praktisi SEO atau yang mempraktekan SEO kita wajib memahami setiap fitur di halaman hasil pencarian google agar kita bisa mendapatkan kesempatan untuk bisnis kita bisa berada pada fitur tersebut.

Mengenal SEO dan Hasil Pencarian Google

Serp Ranking 1 Seo Google

Untuk yang belum tau SEO, ketika kita mengetikan kata kunci tertentu di kolom pencarian google, semua web yang tampil di hasil pencarian itu, adalah web-web yang meranking pada halaman 1, web yang paling atas itu merupakan Ranking 1, bawahnya Ranking 2, Ranking 3, dan seterusnya.

Serp Halaman 2

Ketika Anda scroll ke bagian paling bawah, akan ada navigasi menuju ini Halaman 2, Halaman 3, dan seterusnya (dengan mengecualikan iklan).
SEO atau Search Engine Optimization merupakan kegiatan yang kita lakukan pada website kita agar dapat mencapai Ranking 1 atau setidaknya halaman 1 di Hasil Pencarian Google (SERP).

Dengan berada di ranking 1 atau halamanan 1, memberikan website kita kesempatan untuk lebih sering dikunjungi oleh calon pelanggan kita, Makanya SEO jadi teknik marketing online yang di sangat minati.

· · · · ·

Fitur-fitur di Hasil Pencarian Google

Beberapa fitur di halaman hasil pencarian google menjadi elemen penting untuk kita pelajari. Berikut adalah Fitur-fitur di hasil pencarian google yang mungkin sering Anda lihat:

· · · · ·

1. Featured Snippet

Featured Snippets berada pada bagian paling atas dari hasil pencarian organic.
Posisi ini kadang sering di sebut sebagai “Ranking Nol (0)”.

Dalam Featured Snippets, google mengambil langsung konten spesifik sebagai jawaban singkat yang menjawab pertanyaan yang Anda ketikan di kolom pencarian.

Apa Itu Inbound Marketing

Mirip seperti hasil pencarian organic, di Featured Snippets google selalu menautkan link domain sebagai sumber jawaban. Tetapi tidak seperti link hasil pencarian organic , link di tampilkan setelah jawaban (description).


2. Local Pack

Local Pack atau Pencarian Lokal menampilkan Hasil pencarian bisnis atau usaha yang sesuai dengan tempat yang diketikan di kolom pencarian.

Local Pack muncul ketika misalnya Anda mengetikan “cafe terdekat” atau dengan spesifik tempat “kafe di daerah kemayoran”, Hasil pencarian yang akan tampil berikut yang terdekat dengan dimana Anda berada saat melakukan pencarian

Jasa Service Ac Di Hasil Pencarian Google

Kerennya Pencarian Lokal tepat berada di atas hasil pencarian organic, biarpun masih di bawah iklan tetapi ini jadi merupakan nilai tersendiri.

Maka dari itu ada banyak bisnis yang menargetkan untuk berada pada peringkat atas di Hasil Pencarian Lokal dengan menggunakan teknik Local SEO atau Optimasi Pencarian Lokal.


3. Reviews

Review snippets atau Fitur ulasan yang di gambarkan dengan indikator peringkat bintang 1 sampai 5 berwarna kuning dan terkadang gambar.

Ini merupakan cara google mengkomunikasikan peringkat sebuah produk/jasa kepada penggunanya.
Menurut riset, hasil pencarian dengan ulasan dapat menghasilkan peningkatan rata jumlah klik ke website (CTR), maka dari itu banyak web khususnya toko online ingin sekali menampilkan ulasan di setiap produknya.

Buku Seo Di Hasil Pencarian Google

Ada cara untuk memberi tahu bahwa kita ingin menampilkan ulasan di hasil pencarian, yaitu dengan menambahkan schema markup pada setiap produk kita, bisa dengan bantuan plugin jika menggunakan wordpress atau coding manual.

Kemudian google akan memeriksa terlebih dahulu kredibilitas ulasannya, jika di anggap fake atau tidak kredibel Review snippets tidak akan di tampilkan.


4. Sitelinks

Sitelinks adalah tautan khusus yang ditampilkan Google di bawah hasil situs web.
Google menampilkan link ini untuk membantu pengguna menavigasi dengan cepat ke bagian tertentu dari situs web tersebut.

Biasanya, muncul untuk situs web ketika Google dengan mudah memahami sistem navigasi.

Sitelink Ipang - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Selain Sitelinks, kadang di tampilkan juga berikut Kotak Pencarian ke Situs tersebut. Fitur pencarian ini akan tampil jika Anda mengatur data terstruktur dengan baik.

Tips: Agar Google menampilkan link navigasi di halaman hasil pencarian untuk website Anda, penting untuk memperhatikan Navigasi pada website Anda, jangan terlalu berantakan dan sulit di temukan.


5. Videos

Fitur SERP video atau Hasil pencarian Video yang terkait dengan permintaan pencarian muncul di SERP di antara hasil organik.

Video Sep Cara Membuat Website - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Tips: Sematkan atau embedded video pada sebuah postingan diwebsite, bisa video hasil dari upload ke hosting sendiri, dari YouTube, Vimeo atau lainnya agar berkesempatan di tampilkan pada Fitur SERP video atau Hasil pencarian Video.


6. Top Stories

Top Stories menampilkan informasi tambahan tentang peristiwa penting atau berita utama/terkini terkait dengan hal yang sedang Anda cari di google.

Top Story Gojek Hasil Pencarian Google - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Google menyediakan slide berita terkait lengkap dengan data kapan berita tersebut terposting dan oleh siapa berita itu di terbitkan

Tips: Daftarkan situs berita Anda ke Google News agar dapat di tampikan pada bagian Top Stories di hasil pencarian google. Proses nya cukup rumit, ada beberapa persyaratan teknik dan non teknis, harap persiapkan terlebih dahulu sebelum Anda submit ke Google News.


7. Images

Image Packs muncul ketika google berpikir dengan menampilkan hasil pencarian konten visual akan membuat pencarian menjadi lebih komprehensif atau menarik.

Foto Server Google Di Hasil Pencarian Google

Gambar atau foto-foto yang google tampilkan akan relevan terhadap hal yang sedang di cari atau terkait dengan hasil pencarian organik.

Tips: Dengan melengkapi image alt atau alternatif text dengan kata kunci relevan pada setiap gambar yang Anda upload dan tampilkan di website Anda akan meningkatkan kesempatan gambar/foto Anda tampil pada Image Packs di hasil pencarian google pada keyword yang di targetkan.


8. Twitter

Sejak Pada 2015, Google bermitra dengan Twitter untuk mengindeks tweet di SERP atau Hasil pencarian Google.

Elon Musk Di Hasil Pencarian Google

Twitter muncul di mana saja di SERP tetapi biasanya muncul setelah beberapa hasil pencarian website organik.
Hasil Twitter dapat menampilkan tweet dari akun terverifikasi maupun yang belum terverifikasi.

Hasil pencarian Twitter biasanya menampilkan tweet terbaru dan tren yang terkait dengan kata kunci yang diketikan di kolom pencarian.


9. Knowledge Panel

Knowledge panel di gunakan oleh google untuk memberikan rangkuman informasi singkat tentang profil orang, tempat atau kadang tentang tanggal penting seperti hari raya, kadang juga tentang topik topik tertentu yang di tampilkan pada bagian kanan atas jika di akses melalui desktop dan bagian paling atas jika di akses melalui mobile atau handphone.

Knowledge Panel Google Gojek - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Knowledge panel ini google kumpulkan dari berbagai sumber yang menurut google terpercaya, seperi CIA World Factbook, Wikipedia, dan jutaan pencarian yang dilakukan setiap hari.


10. FAQs / People Also Ask

People Also Ask (PAA) menampilkan pertanyaan yang dibuat oleh Google secara otomatis berdasarkan kueri atau kata kunci yang diketikan di kolom pencarian google.

Pertanyaan Belajar Seo - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Fitur PAA tampil dengan toogle dengan jawaban singkat yang dapat diklik untuk dibaca langsung di SERP Google. Ini dapat membantu orang lebih memahami pertanyaan awal mereka tanpa mengklik hasil lainnya.

Tips: Agar hasil halaman situs informatif Anda ditampilkan pada fitur ini, Anda harus menandai konten Anda dengan skema FAQ.


11. Related Searches

Related Searches tampil di bagian bawah SERPs atau Halaman Hasil Pencarian Google menampilkan pencarian terkait kepada pengguna, ini di maksudkan untuk mendorong permintaan pencarian lain yang terkait dengan pencarian awal.

Belajar Seo Related Keyword Hasil Pencarian Google - Mengenal: Struktur Dan 16 Fitur Di Hasil Pencarian Google (Serp)

Di hasil pencarian terkait ini, beberapa di antaranya mungkin tidak Anda ada hubungannya dengan pencarian Awal, tapi kebanyakan sehingga Anda dapat menemukan jawaban yang Anda cari.

Tips: Pencarian terkait ini juga dapat anda gunakan sebagai salah satu sumber riset kata kunci untuk di gunakan


12. Google Flights Block

The Google Flights pack menyampaikan informasi tentang penerbangan yang ditawarkan oleh situs penerbangan online terdaftar (travel online) dan menyajikannya dalam tabel pilihan. Anda dapat memfilter dan menyortir langsung di SERP untuk pencarian terkait penerbangan apa pun.

Penerbangan Bandung Bali Hasil Pencarian Google

Daftar organik ataupun berbayar dari perusahaan penerbangan yang sesuai pencarian dapat memenuhi syarat untuk ditampilkan dalam fitur ini.


13. Hotel Pack

Hotel Pack menampilkan daftar hotel langsung di SERP dalam setiap paket harga dengan peta yang mirip dengan Pencarian Lokal.

Hotel Di Garut Hasil Pencarian Google

Namun, dalam Hotel Pack ini khusus hanya menampilkan hotel saja, termasuk pengiklan berbayar melalui Google Hotel Ads.


14. Job Listings

Setiap pencarian yang berkaitan dengan karir atau pekerjaan, Google akan menampilkan langsung table posting pekerjaan yang di kumpulkan dari berbagai situs karir seperti Indeed, LinkedIn dan website perusahaan yang menawarkan pekerjaan.

Karir Di Tokopedia Hasil Pencarian Google

Tips: Agar loker Anda dapat ditampilkan disini, Anda tinggal menambahkan JobPosting schema markup pada postingan loker tersebut.


15. Google Ads

Berbeda dengan hasil pencarian organik, Google Ads tampilan halaman web berbayar ada di bagian paling atas dan bawah pada SERP atau halaman hasil pencarian google dengan tanda tulisan “Ad” sebelum link.

Iklan Google Hardisk External

Jika website Anda ingin tampil di Paid Search (Google Ads) atau pencarian berbayar tentu saja Anda mesti membayar ke google agar dapat menonjol di halaman hasil pencarian google.

Google Ads Vs Organic

Tips: Google menerapkan sistem lelang pada iklan berbayarnya, rencanakanlah terlebih dahulu untuk strategi beriklan di google agar tidak membuang uang sia-sia.


16. Shopping Ads (Product Listing Ads)

Saat Google menditeksi pencarian untuk kata kunci sebuah produk, Google akan menganggap pencari sedang ingin membeli produk tersebut dengan menampilkan slide produk dari berbagai toko online atau marketplace yang mengiklan di Google Shopping Ads agar bisa langsung di beli.

Shopping Results Hardisk External

Fitur Ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri produk secara cepat di google untuk beberapa situs web toko online atau marketplace tanpa perlu mengetikan kata tambahan di SERP.

Targetkan Profil Bisnis Anda di fitur-fitur di hasil pencarian google

Menargetkan website atau profile bisnis untuk berada pada fitur-fitur di hasil pencarian google akan meningkatkan menarik perhatian calon pelanggan Anda, menghasilkan klik atau kunjungan yang berlimpah dari mereka, yang tentu saja akan menjadikan kesuksesan pada optimasi website bisnis Anda.

Ini juga akan menjadi solusi alternatif menggantikan SEO, misalkan ketika persaingannya terlalu ketat dan lain sebagainya.

Sekarang Anda sudah memahami fitur-fitur yang ada di halaman hasil pencarian Google, hampir setiap fitur memiliki persyaratan agar website/profile bisnis Anda dapat ditampilkan disana.

Tugas Anda selanjutnya adalah mencari tahu persyaratan tersebut dan mepraktekannya. Selamat mencoba ya.

· · · · ·

21 thoughts on “Mengenal: Struktur dan 16 Fitur di Hasil Pencarian Google (SERP)”

  1. Appreciating the persistence you put into your website and detailed information you provide.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same outdated rehashed information. Great read!
    I’ve bookmarked your site and I’m adding your RSS feeds
    to my Google account.

  2. Useful info. Fortunate me I discovered your site by accident, and I’m shocked why this accident
    didn’t came about in advance! I bookmarked it.

  3. It’s a pity you don’t have a donate button! I’d certainly
    donate to this superb blog! I suppose for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account.
    I look forward to new updates and will share this blog with my Facebook group.
    Talk soon!

  4. Do you mind if I quote a couple of your posts as
    long as I provide credit and sources back to your weblog?
    My website is in the very same area of interest as
    yours and my users would truly benefit from a lot of the information you present here.

    Please let me know if this alright with you.
    Appreciate it!

  5. Hi just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures
    aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different browsers and both show the same
    results.

  6. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was super long)
    so I guess I’ll just sum it up what I submitted and say,
    I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I’m
    still new to everything. Do you have any suggestions for first-time blog writers?
    I’d definitely appreciate it.

  7. Hey there! I understand this is kind of off-topic however I had to ask.
    Does operating a well-established website such as yours require
    a large amount of work? I am completely new to running a
    blog but I do write in my journal daily. I’d like
    to start a blog so I can easily share my experience and views online.
    Please let me know if you have any recommendations or tips for brand
    new aspiring blog owners. Appreciate it!

  8. Howdy! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m
    trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Kudos!

  9. Woah! I’m really loving the template/theme of this blog.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s very difficult to get that “perfect balance” between usability and
    appearance. I must say you have done a fantastic job with this.
    In addition, the blog loads extremely quick for me on Opera.

    Exceptional Blog!

  10. hello!,I love your writing very much! percentage we keep up a
    correspondence extra approximately your article on AOL?
    I require a specialist in this area to solve my problem.
    Maybe that’s you! Having a look ahead to look you.

  11. I’m very happy to discover this site. I want to to
    thank you for your time for this wonderful read!!
    I definitely loved every bit of it and i also have you
    saved to fav to check out new information on your
    website.

  12. you are in reality a good webmaster. The website loading pace is amazing.
    It sort of feels that you are doing any unique trick.
    Moreover, The contents are masterwork. you’ve done a wonderful task on this topic!

Leave a Comment

Artikel Terkait

Cara Daftar dan Pasang Google Analytics Terbaru

Cara Daftar dan Pasang Google Analytics Terbaru

Google Analytics sebuah software atau platform gratis dari google yang berfungi untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Dengan memasang Google Analytics di website kita, ...

Google Analytics sebuah software atau platform gratis dari google yang berfungi untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Dengan memasang Google Analytics di website kita,

Mengenal lebih dalam Struktur Hasil Pencarian Google (SERP)

Mengenal: Struktur dan 16 Fitur di Hasil Pencarian Google (SERP)

Mau belajar SEO? mari kita ke hal paling mendasar dulu dengan mengenal apa itu google, lebih spesifiknya memahami struktur hasil pencarian google atau yang biasa ...

Mau belajar SEO? mari kita ke hal paling mendasar dulu dengan mengenal apa itu google, lebih spesifiknya memahami struktur hasil pencarian google atau yang biasa

7 Cara Melihat Kualitas Backlink untuk Optimasi Website

7 Cara Melihat Kualitas Backlink untuk Optimasi Website Bisnis Anda

Dalam dunia SEO atau search engine optimization, Anda harus mengetahui cara melihat kualitas backlink demi menaikkan peringkat website. Hal ini karena backlink memiliki peranan yang ...

Dalam dunia SEO atau search engine optimization, Anda harus mengetahui cara melihat kualitas backlink demi menaikkan peringkat website. Hal ini karena backlink memiliki peranan yang

Memahami Tentang Google Search Console atau Webmaster Tools dan Cara Menggunakannya

Memahami Tentang Google Search Console atau Webmaster Tools dan Cara Menggunakannya

Sebagian besar pemain baru di dunia website pasti penasaran tentang Google Search Console. Bagaimana tidak? Tools yang satu ini memiliki banyak sekalli manfaat terkait dengan ...

Sebagian besar pemain baru di dunia website pasti penasaran tentang Google Search Console. Bagaimana tidak? Tools yang satu ini memiliki banyak sekalli manfaat terkait dengan

Tentang SEO Onpage dan 6 Cara Optimasi Website

Tips Tentang SEO Onpage dan 6 Cara Optimasi Website Bisnis Anda

Berbicara Tentang SEO Onpage, tentu sudah bukan hal yang asing di telinga praktisi SEO. Hal ini karena SEO Onpage dapat dikatakan sebagai inti dari upaya ...

Berbicara Tentang SEO Onpage, tentu sudah bukan hal yang asing di telinga praktisi SEO. Hal ini karena SEO Onpage dapat dikatakan sebagai inti dari upaya

Tentang SEO Offpage dan Cara Melakukan Optimasi Offpage Website

Tentang SEO Offpage dan Cara Melakukan Optimasi Offpage Website Binsis Anda

Jika Anda bergelut di dunia SEO, tentu Anda sudah paham Tentang SEO Offpage. Benar, kan? Ya, ini karena SEO memiliki dua dasar yakni SEO On ...

Jika Anda bergelut di dunia SEO, tentu Anda sudah paham Tentang SEO Offpage. Benar, kan? Ya, ini karena SEO memiliki dua dasar yakni SEO On